Kamis, 31 Maret 2011

Buah Sirsak

Sirsak (Annona muricata) merupakan tumbuhan atau potion yang berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedang pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat. Tetapi untuk memperoleh hasil buah yang banyak dan besar-besar, maka yang paling balk ditanam di daerah yang tanahnya cukup mengandung air. Di Indonesia, sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempuyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Nama Sirsak itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang kuranglebih berarti kantung yang asam. Buah Sirsak yang sudah masak lebih berasa asam daripada manis. Pengembangbiakan sirsak yang paling baik adalah melalui okulasi dan akan menghasilkan buah pada usia 4 tahunan setelah ditanam.
Khasiat dan manfaat untuk pengobatan
Ambeien
Buah sirsak yang sudah masak diperas untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas. Diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Sakit Kandung Air Seni
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
Bayi Mencret
Buah sirsak yang sudah masak diperas dan disaring untuk diambil airnya. Diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
Anyang-anyangen (sering kecing tetapi sedikit dan terasa sakit)
Sirsak setengah masak dikupas dan direbus dengan gula pasir secukupnya bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas. Disaring dan diminum.
Sakit Pinggang
20 lembar daun sirsak direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas. Diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
Bisul
Daun sirsak yang masih muda secukupnya ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata. Ditempelkan pada bagian bisul.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More